Kejaksaan Negeri Karanganyar masuk Ponpes Binaan LDII, ajak santri melek hukum


Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Karanganyar menjalin sinergitas dengan Kejaksaan lewat program Jaksa Masuk Pesantren. Kegiatan ini sebagai upaya penyuluhan hukum bagi santri pondok pesantren (Ponpes) binaan LDII, yakni di Ponpes Al Hidayah Ganoman, Koripan, Matesih Karanganyar. Penyuluhan melibatkan ratusan santri Ponpes Al Hidayah Ganoman, Ponpes Al Mukhklishin Tegalgede, Ponpes Syifaul Qulub Jumapolo, SMP Boardingscool Al Amanah, pengurus PC LDII Matesih, dan pengurus DPD LDII Karanganyar dengan jumlah peserta 230 orang.




Dalam kesempatan itu, Kepala Kejaksaan Negeri Karanganyar yang diwakili Agung Purwadi S.H menjelaskan kegiatan ini bertujuan menjalin sinergitas hubungan baik antara LDII dengan Kejaksaan. Selain itu juga memberikan pemahaman kepada santri tentang arti penting hukum bagi masyarakat dan pemangku kepentingan.

"Dengan adanya kegiatan ini, setiap santri dapat mengerti dan memahami hal-hal bersentuhan dengan hukum dan mengetahui solusi yang di hadapinya," katanya, Kamis (09/02/2023).

Hal senada turut diungkapkan, Pengasuh Ponpes Al Hidayah Ganoman, Suwanto. Ia mengatakan, lewat program Jaksa Masuk Pesantren, Kejaksaan memberikan pemahaman kepada santri tentang dampak dari perbuatan melawan hukum.

"Ini akan mengajarkan hukum sejak dini kepada santri agar selalu mematuhi hukum yang berlaku agar tidak melakukan hal-hal bertentangan dengan hukum, seperti perkelaian, perbuatan main hakim, perbuatan bulliying, dan sejenisnya," jelas Suwanto.

Kegiatan ini diharapkan memberikan pemahaman agar santri memiliki akhlaqul karimah, berbudi pekerti serta mematuhi hukum berlaku, termasuk menaati peraturan pesantren sehingga terwujud ekosistem harmonis dan bebas dari jeratan hukum.


Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD LDII Kabupaten Karanganyar, Drs. Sarwanto M.M mengungkapkan, kegiatan ini sangat positif untuk membuka wawasan hukum kepada para santri LDII, Pengurus Ponpes dan Jajaran Pengurus DPD LDII Karanganyar. Pemaparan Tim Kejari mengenai hukum sangat dibutuhkan untuk mempermudah para santri menuntut ilmu Agama dengan aman, nyaman dan lancar.

"Ini adalah salah satu upaya kami dan juga kejari karanganyar agar santri dapat menuntut ilmu dengan lancar"




Post a Comment

0 Comments